Selasa, 16 Desember 2008

LOGO DAN ARTINYA, SLOGAN SERTA TUJUAN


Logo “SYAHBANDAR” masing-masing warna dan bentuk mempunyai arti tersendiri :

a. Bintang
Artinya kompas yang biasa digunakan oleh para pelaut zaman dahulu dan kompas berguna menentukan arah dan tujuan yang berarti PSTD “SYAHBANDAR” mempunyai tujuan yang jelas yaitu membentuk anggotanya menjadi orang yang berguna bagi agama dan negaranya.

b. Langit.
Artinya anggota “SYAHBANDAR” mengetahui diatas langit masih ada langit, berarti Anggota “SYAHBANDAR” tidak meremehkan orang lain dan menyombongkan diri, haruslah sadar bahwa mereka belum berati lebih hebat dan untuk itu mereka haruslah berusaha untuk menjadi yang semaksimal mungkin.

c. Padi dan Kapas.
Berasal dari lambang pancasila yaitu sila ke-5 : “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Karena ruang lingkup “SYAHBANDAR” berada pada anggotanya maka pengertian padi dan kapas disini berarti Anggota “SYAHBANDAR” haruslah adil dalam hidupnya dan didalam “SYAHBANDAR” untuk kesejahteraan diri dan lingkungannya.

d. Telapak Tangan.
Aliran tenaga dalam biasanya dihubungkan dengan telapak tangan dimana asal dari tenaga dalam itu dikeluarkan. Maka PSTD “SYAHBANDAR” adalah silat beraliran tenaga dalam.

e. Warna Kuning.
Orang-orang dahulu (para sesepuh) mengatakan bahwa kuning artinya pemimpin, maka didalam memimpin “SYAHBANDAR” haruslah arif dan menjadi tauladan bagi anggotanya.

f. Pita Penghubung
Pita ini berarti anggota “SYAHBANDAR” selalu memiliki hubungan saudara seperguruan yang baik dengan anggota lainnya.

g. Angka 8 dan 1.
Angka 8 dan 1 jika dijumlahkan menjadi 9 (8+1=9) karena dua angka jika didekatkan menjadi 99, arti dari angka ini adalah 99 nama Allah Yang baik (Asmaul Husna) berarti Anggota “SYAHBANDAR” percaya dan taqwa kepada Allah SWT sebagai Sang Pencipta.


slogan : “Kekuatan tanpa didasari rasa taqwa, tangguh, tanggap, trengginas, dan akhlakul karimah adalah kezaliman. Taqwa, tangguh, tanggap, trengginas, dan akhlakul karimah tanpa adanya kekuatan adalah kelemahan”.


sesuai dengan slogannya maka anggota syahbandar diharapkan menjadi orang yang taqwa, tangguh dan kuat dalam menghadapi masalah, tanggap terhadap keadaan sekeliling, trengginas dalam melaksanakan sesuatu serta memiliki akhlakul karimah.

Usaha dari Perguruan Silat Tenaga Dalam SYAHBANDAR adalah :
1. Meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Untuk hal yang satu ini setiap tahun syahbandar selalu melakukan beberapa hal seperti mengadakan ziarah baik ke makan guru besar yang sudah almarhum maupunke makan para wali, gunanya untuk selalu mengingatkan kita pada Allah SWT, apapun setiap 1 muharam anggota syahbandar berkumpul dan mengirim doa bersama agar ditahun yang akan datang menjadi tahun yang lebih baik lagi, tak jarang pula kami setiap hari hara Idul Fitri melakukan kunjungan ke rumah para anggota maupun ke rumah guru dan pelatih untuk saling bersilahturahim dan mengingatkan kita pada kekuasaan Allah SWT yang telah memberi kita berkah yang berlimpah.

2. Mengadakan kerja sama dengan Perguruan lain.
3. Mengadakan Silaturahmi dengan Perguruan lain.
Hal ini sejak dahulu dilakukan dengan mengunjungi perguruan lain dan mengadakan kerja sama dalam bentuk pelatihan baik hanya saling bertukar pengalaman. Saat ini PSTD Syahbandar sedang mengirimkan para anggotanya untuk berlatih dengan seorang guru dari PS Syahbandar Tunggal.

4. Meningkatkan mutu para Pesilat.
Para pelatih tidak membatasi diri dengan ilmu beladiri silat dari perguruan lain, artinya para pelatih terus belajar dan mencari ilmu baru untuk meningkatkan kemampuan para pesilat Syahbandar, tapi bila ilmu yang berasal dari perguruan lain tentu saja dengan seizin perguruan tersebut. Tapi kami pun tetap menjaga kemurnian keilmuan di PSTD Syahbandar.

5. Melestarikan budaya Bangsa Indonesia.
Dengan terus menerima anggota baru dan mengajarkan silat ini tentunya kami secara tidak langsung turut meletarikan budaya bangsa Indonesia yaitu silat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar