Selasa, 03 Februari 2009

FILM SILAT "MERANTAU"


Disaat kita terlena dengan film-film beladiri dari luar negeri seperti Ong Bak II dan Ip Man dari Thailand dan Cina kita justru tak melihat apa yang ada di negeri sendiri. Kita tak sadar di negeri kita, Indonesia, ada juga beladiri yang tak kalah bagus, indah, kuat, mematikan atau apalah istilahnya, dengan gaya berbeda, istilah gerakan yang berbeda-beda, seragam yang berbeda dan cara pelatihan yang berbeda, "Pencak", "Silat", "Pencak Silat", banyak lagi istilah untuk menyebut beladiri dari Indonesia ini.

Kita hanya menonton tapi tak berusaha turut serta meramaikan promosi pencak silat film. keadaan ini berbanding terbalik dengan seorang sutradara eropa asal Inggris bernama Gareth Huw Evans yang tertarik dengan pencak silat.

Setelah tahun lalu ia berkesempatan membuat film dokumenter pencak silat kini ia kembali lagi membuat film tentang silat.

Film yang tak hanya menampilkan jurus-jurus khas silat harimau tapi juga menampilkan kebudayan masyarakat minangkabau. Maka film ini diberi judul "MERANTAU". Film yang bercarita tentang seorang anak muda asal bukittinggi bernama Yuda yang harus pergi merantau untuk membuktikan bahwa ia adalah seorang yang telah dewasa. Ia datang ke Jakarta, kota dengan hiruk pikuk yang begitu ramai, udara yang panas menyengat serta dipenuhi asap kendaraan, suatu hal yang berbeda dengan tempat tinggalnya di bukittinggi.

Dalam film ini Gareth sang sutradara menggaet seorang atlit pencak silat muda bernama Iko Uwais yang diharapkan dapat menunjukkan keindahan beladiri asal Indonesia ini selain itu juga diharapkan menjadi ikon pencak silat Indonesia yang dapat menyaingi bintang-bintang luar negeri yang biasa bermain di film action.










Di film ini juga sang sutradara menggaet aktris kenamaan Christine Hakim, Alex Abbad, Donny Alamsyah dan dua aktor asing seperti Mads Koudal asal Denmark dan Laurent Buson (Prancis).

Film ini direncanakan akan dirilis bulan April 2009 ini dan akan didistribusikan di Amerika Serikat, inggris dan negara lainnya.

Diharapkan dengan film ini dapat kembali menimbulkan semangat para sutradara dalam mengangkat pencak silat menjadi salah satu tema film mereka.
Ket : Foto 1 Merantau cover, Iko Uwais
Foto 2 Gareth Huw Evans
Foto 3 Iko Uwais
Foto 4 Iko Uwais memeragakan gerakan silat harimau
Foto 5 Iko uwais bersama Donny Alamsyah
Foto 6 Mads Koudal asal Denmark
Foto 7 Laurent Buson Asal Prancis
Maju Terus Silat Indonesia...
http://www.merantau-movie.com/
Sumber : Silatindonesia.com
Kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar